Setiap pelajar tentu ingin menjadi orang yang memiliki masa depan yang cerah. Sukses menjadi harapan mereka. Termasuk sukses dalam pendidikannya. Tidak hanya sang pelajar saja yang mengharapkan demikian. Akan tetapi, para orang tua lebih berharap banyak akan kesuksesan dari anaknya yang menjadi seorang pelajar. Kita tahu yang namanya pendidikan ikut menentukan kesuksesan hidup seseorang. Maka memperhatikan masalah pendidikan menjadi tugas setiap orang tua.
Pendidikan formal menjadi sangatlah penting. Dari jenjang sekolah dasar, sekolah menengah hingga jenjang perguruan tinggi mesti mendapat perhatian serius. Ketika seorang pelajar ingin mendapatkan pendidikan yang berkualitas maka ia mesti melakukan pemilihan sekolah dengan hati-hati. Sekolah yang dipilih pastinya memang benar-benar bagus. Dari sisi apa pun bagus sekolah tersebut.
Ketika kita hendak memilih sebuah sekolah maka kita perlu melihat beberapa hal. Beberapa hal tersebut misalnya kita lihat bagaimana kemampuan dan kualitas dari guru atau pengajarnya. Kalau sebuah sekolah guru-gurunya berkualitas maka tentu kemampuan mengajarnya pun akan bagus pula. Dampaknya tentu kepada siswanya. Para siswa yang ada di sekolah tersebut akan memperoleh pengajaran yang bagus dari para gurunya.
Selain itu, kurikulum menjadi hal yang perlu menjadi dasar pemilihan sebuah sekolah. Ketika sebuah sekolah menggunakan kurikulum internasional maka sekolah tersebut bisa dikatakan berkualitas. Meskipun sekolah yang menggunakan kurikulum nasional pun juga tidak bisa dipandang sebelah mata terkait kualitasnya. Memang diakui bahwa kurikulum yang berstandar global lebih berkualitas. Terkait kurikulum yang digunakan ini sangatlah berpengaruh terhadap kualitas sekolah. Sebab dari kurikulum inilah nanti bisa dilihat mata pelajaran apa saja yang diajarkan kepada para siswa di sebuah sekolah.
Salah satu sekolah yang menggunakan kurikulum internasional adalah Menlo Park School. Kurikulum yang dipakai adalah kurikulum cambridge ICGSE (SMP) dan cambridge A-level (SMA). Ada beberapa perbedaan antara kurikulum nasional dan kurikulum internasional cambride. Beberapa perbedaan itu antara lain:
- Pemilihan mata pelajaran berbeda
Pada dalam kurikulum nasional setiap siswa wajib mengikuti semua pelajaran yang ada. Berbeda pada sekolah yang menerapkan kurikulum internasional. Pada sekolah yang menerapkan kurikulum internasional para siswanya diberikan kebebasan. Siswa bebas dalam memilih mata pelajaran yang sesuai dengan bidangnya saja. Atau siswa dapat memilih mata pelajaran yang menjadi minatnya. - Bahasa pengantarnya berbeda
Sekolah yang menggunakan kurikulum nasional bahasa pengantar bahasa Indonesia yang baik dan benar. Berbeda dengan sekolah yang memakai kurikulum internasional. Bahasa pengantar yang digunakan adalah bahasa Inggris. - Jenis ujian berbeda
Ujian yang diselenggarakan pada sekolah berkurikulum internasional memiliki taraf dan standar internasional juga. Itu artinya ujiannya dijalankan dan diawasi oleh lembaga bertaraf internasional seperti Cambridge International. Sedangkan pada sekolah berkurikulum nasional, ujiannya dijalankan sekolah dengan berstandar nasional dalam pelaksanannya. - Suasana belajar berbeda
Pada umumnya, sekolah yang menggunakan kurikulum internasional lebih interaktif suasana belajarnya. Ini salah satu keunggulan dari sekolah berkurikulum internasional. - Fasilitasnya belajar berbeda
Karena tuntutan memang besar pada sekolah yang berstandar internasional maka fasilitas belajarnya pun relatif lebih lengkap. Berbagai laboratorium dan sarana prasarana belajar disediakan dengan lengkap.
Salah satu SMA internasional di Jakarta yang telah menerapkan kurikulum internasional adalah Menlo Park School. Sekolah tersebut memiliki target utama agar seluruh peserta didik atau siswanya dapat diterima di perguruan tinggi ternama. Baik yang ada di dalam negeri maupun di luar negeri. Dengan penggunaan kurikulum Cambridge A-level menjadikan kualitas lulusannya benar-benar handal. Hal itu dikarenakan kurikulum internasional memiliki berbagai kelebihan sebagaimana yang telah diuraikan di atas.